Bos Apple Tidak Mau Terima Dividen Rp 700 Miliar

KOMPAS.com – Siapa yang kuasa menolak bonus sebesar 75 juta dollar AS atau sekitar Rp 710 miliar? Mungkin Anda tidak. Namun, tidak demikian dengan CEO Apple, Tim Cook.

Badan Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat atawa Securities and Exchange Commision mengungkapkan, Cook tidak akan mengambil dividen sebesar 75 juta dollar AS yang menjadi haknya. “Atas permintaan Cook, tidak ada saham miliknya yang akan memperoleh dividen,” bunyi surat itu.

Sebagai informasi, Apple akan membayarkan dividen kuartalan sebesar 2,65 dollar AS per saham mulai Juli mendatang. Ini pertama kali Apple mengumumkan pembagian dividen sejak 1995.

Ketidaksediaan Cook menerima dividen ini mungkin bisa dipahami. Cook disebut-disebut sebagai CEO dengan gaji terbesar di Amerika Serikat. Pendapatannya mencapai 300 juta dollar AS.

Gaji pokok Cook sebesar 900.000 dollar AS. Bandingkan dengan pendahulunya Steve Jobs yang hanya menerima gaji sebesar 1 dollar AS per tahun.

Berdasarkan harian Wall Street Journal, Cook telah memperoleh uang sebesar 378 juta dollar AS tahun lalu. Uang ini berasal dari bonus dan sejuta saham Apple.

Catatan, awal tahun ini, harga saham Apple telah mencapai puncak pada harga 644 dollar AS per saham. Lonjakan ini membuat Apple sebagai perusahaan paling berharga di seantero dunia. (KONTAN/Edy Chan)

Sumber :

KONTAN

Iklan

Tentang syamkoto

kelahiran Bukittinggi . Selepas SMA II C negeri , melanjutkan ke FHPM Unpad Bandung, tahun 1964. Kemudian jadi jurnalis pada harian Jurnal Ekuin - Jakarta. Tahun 1986 pindah ke harian Media Indonesia.
Pos ini dipublikasikan di ekonomi, indonesia, kapitalis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s