Survei Kompas: Partai Demokrat Anjlok, Gerindra dan NasDem Melesat

Indra Subagja – detikNews
 Jakarta Survei Kompas soal parpol pilihan masyarakat mencatat hasil yang mengejutkan. Partai Demokrat (PD) yang menjadi ‘raja’ pada pemilu 2009 lalu ternyata anjlok, bila pemilu digelar saat ini. Partai Gerindra dan pendatang baru Nasional Demokrat (NasDem) terkerek naik.

Seperti dikutip dari Kompas, Selasa (24/7/2012), Litbang Kompas melakukan jajak pendapat pada 16-19 Juli 2012 di 33 ibu kota provinsi. Jumlah responden 1.008 dengan sampling error 3,1 persen.

Soal Parpol, Kompas menyebutkan ada dua pertanyaan yang diajukan kepada responden. Pertama, partai apa yang Anda pilih dalam pemilu 2009 lalu? Dan pertanyaan kedua, jika pemilu diadakan saat ini, partai apakah yang akan Anda pilih?

Hasil Litbang Kompas mencatat, 44,2 persen responden mengaku memilih Partai Demokrat pada 2009 lalu, namun bila pemilu digelar saat ini, hanya ada 12,8 persen yang akan memilih Demokrat.

Bukan hanya Demokrat saja yang turun. Dalam ranah the big three, PDI Perjuangan juga mengalami penurunan, walau tipis. Ada 9,4 responden yang memilih PDI Perjuangan pada pemilu lalu, namun bila pemilu digelar saat ini, hanya 9,1 persen yang memilih PDI Perjuangan.

Sedangkan Golkar, mencatat hasil yang berbeda. Ada 6,2 persen pemilih yang memilih Golkar pada 2009 lalu, dan bila pemilu digelar saat ini, Golkar mengalami kenaikan pemilih menjadi 6,9 persen.

Selain Golkar, yang mencatat kenaikan signifikan adalah Gerindra, pada 2009 lalu mencatat angka 1,5 persen, sedangkan bila pemilu digelar saat ini mencatat angka 6,4 persen. Nah, muka baru Partai NasDem cukup mengejutkan. Pada 2009 nama mereka belum tercatat, tapi bila pemilu digelar saat ini, ada 4,5 persen pemilih yang akan menentukan pilihan pada NasDem.

Yang menarik, dalam survei Kompas ini, ada sekitar 30,8 persen responden yang belum menentukan pilihannya, bila pemilu digelar saat ini. Dan ada 15,3 persen yang tidak memilih.

(ndr/asy)

Tentang syamkoto

kelahiran Bukittinggi . Selepas SMA II C negeri , melanjutkan ke FHPM Unpad Bandung, tahun 1964. Kemudian jadi jurnalis pada harian Jurnal Ekuin - Jakarta. Tahun 1986 pindah ke harian Media Indonesia.
Pos ini dipublikasikan di nasdem, partai, survei. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s